Mutasim Billah Asim

Senin, 10 Oktober 2016

Pengertian dan Konsep Dasar Kepemimpinan

Pengertian dan Konsep Dasar Kepemimpinan
1. Kepemimpinan diartikan sebagai, “kepemimpinan merupakan suatu kemampuan dan kesiapan seseorang untuk mempengaruhi, membimbing, dan mengarahkan atau mengelola orang lain agar mereka mau berbuat sesuatu demi tercapainya tujuan bersama”. (Good, 1973)
2. Kepemimpinan diartikan sebagai, “Kepemimpinan merupakan segenap bentuk bantuan yang dapat diberikan oleh seseorang bagi  penetapan tujuan kelompok”. Wills (1967)
3.  Kepemimpinan diartikan sebagai, “kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain agar rela, mampu, dan dapat mengikuti keinginan manajemen demi tercapainya tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan efisien, efektif, dan ekonomis”. Siagian (1983)
4.  Kepemimpinan diartikan  sebagai, “saling pengaruh antar pribadi, dilatih dalam situasi dan diarahkan melalui proses komunikasi untuk mencapai tujuan atau tujuan-tujuan khusus”. Tannenbaum, Weschler, dan Massarik (1961)
5. Kepemimpinan diartikan  sebagai, “proses mempengaruhi aktifitas kelompok untuk menetapkan tujuan dan mencapai tujuan”. Fiedler (1967) 
6.  Kepemimpinan diartikan  sebagai, “hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin mempengaruhi orang-orang lain untuk bekerja sama secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan pemimpin”. Terry (1972)
7.  Kepemimpinan diartikan  sebagai, “bahwa kepemimpinan tidak lain adalah proses mempengaruhi kegiatan individu atau kelompok dalam usaha untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu”. Hersey dan Blanchard (1982)

Konsep Dasar Kepemimpinan

            Konsep dasar kepemimpinan dibagi menjadi 2 konsep, yaitu sebagai konsep proses, dan sebagai konsep atribut.

1.      Sebagai konsep proses, kepemimpinan difokuskan kepada apa yang dilakukan oleh para Pemimpin yang menggunakan pengaruhnya untuk memperjelas tujuan organisasi bagi orang – orang yang dipimpinnya, memotivasi mereka untuk mencapai tujuan dan menciptakan budaya produktif dalam organisasi.

2.      Sebagai konsep atribut, kepemimpinan adalah kumpulan karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang Pemimpin. Sehingga, Pemimpin dapat di definisikan sebagai seorang yang memiliki kemampuan untuk memahami perilaku orang lain tanpa menggunakan kekuatan, sehingga orang - orang yang dipimpinnya menerima dirinya sebagai sosok yang layak memimpin mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar